Dipresentasikan dalam kuliah Nadq al-Hadis
I.
PENDAHULUAN
Sebagai
sumber Islam kedua, hadis berbeda dengan al-Qur’an yang semua ayatny diterima
secara mutawatir. Sedang hadis sebagian periwayatannya berlangsung
secara mutawatir dan sebagaian lagi ahad. Bahkan kodifikasi hadis
yang resmi pun baru dirintis masa khalifah Umar bin Abdul Aziz (w. 110 H/720 M)
melalui usaha keras ulama Muhammad bin Muslin bin Syihab az-Zuhri (w. 124 H/742
M). Oleh karenanya penelitian terhadap orisinalitas hadis memang sangat
diperlukan agar validitasnya sebagai hadis Nabi dapat dipertanggungjawabkan.[1]
Pentingnya
problem orisinalitas hadis ini memunculkan ilmu-ilmu untuk menelusuri
hadits-hadits yang ada agar nantinya bisa digunakan sebagai hujjah. Dalam
hal ini sanad dan matan lah yang harus dilacak lebih mendalam. Maka dalam
makalah ini akan di bahas lebih lanjut mengenai Jam’ur Ruwah. Dan bagaimana
penelusuran Rijal al-Hadits serta pembuatan skemanya.
II.
RUMUSAN
MASALAH
A.
Apa
Pengertian Jam’ur Ruwah dan?
B.
Bagaimana
teknik penelusuran Rijal al-Hadits?
C.
Bagaimana
penelusuran skema dari Rijal
al-Hadits?
III.
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Jam’ur Ruwah dan Rijal al-Hadits
Jam’ur Ruwah
terdiri dari dua kata, جمع (jam’un) dan رواة (ruwah) . arti
dari جمع sendiri adalah kumpulan (sesuatu)[2]
dan رواة merupakan bentuk jama’ taksir dariراوى (rowi) yang artinya orang yang meriwayatkan atau orang yang menceritakan. Jadi Jam’ur Ruwah
(Jam’ur Ruwah) dapat diartikan kumpulan atau himpunan orang yang meriwayatkan atau
menceritakan apa-apa yang pernah didengar
dan diterimanya dari seorang (gurunya).[3]
Ulama
hadis sependapat bahwa ada dua hal yang harus diteliti pada diri pribadi
periwayat hadis untuk dapat diketahui apakah riwayat hadis yang dikemukakannya
dapat diterima sebagai hujjah ataukah harus ditolak, Kedua hal itu adalah
keadilan dan ke-dhabitannya. Keadilan berhubungan dengan kualitas
pribadi, sedang ke-dhabitannya berhubungan dengan kapasitas intelektual.
Apabila kedua hal itu dimiliki oleh periwayat hadis, maka periwayat tersebut
dinyatakan sebagai bersifat tsiqah. Istilah tsiqah merupakan
gabungan dari sifat adil dan dhabit. [4]
Untuk para sahabat
terutama yang meriwayatkan hadis, sebagai generasi yang langsung “meneguk air
jernih” wahyu kenabian, tidak berlebihan bila juga di jamin segi kualitas
pribadi atau integritas moralnya. Tidak mengherankan jika generasi sahabat (
terutama sahabat yang meriwayatkan hadis) di dalam studi hadis, termasuk yang
dinilai adil, yakni mumpuni kualitas pribadinya sehingga dibebaskan dari
perlunya penilaian aspek moral yang meragukan periwayatannya seperti lazim
dilakukan bagi gene[5]rasi
yang sesudahnya.
B.
Teknik
Penelususran Rijal al-Hadits
Rijal
al-hadis adalah ilmu yang membahas hal ikhwal dan sejarah para rawi dari
kalangan sahabat, tabi’in dan atba’ al-tabi’in.
علم
يبحث فيه عن روات الحديث من الصحابة والتا بعين ومن بعدهم
“Ilmu yang membahas para
perawi hadis, baik dari kalangan sahabat, tabiin, maupun dari generasi-generasi
sesudahnya”[6]
Contoh
praktis dan teknis dalam penelusuran rawi yang ada dalam rangkaian sanad dengan
langkah sebagai berikut:
1.
Memahami
terlebih dahulu antara nama, nasab, kunyah dan laqab
2.
Melihat
daftar index kitab
3.
Memahami
kode-kode maraji’ dan kode lainnya dalam kitab
4.
Memastikan
nama rawi yang dicari melalui tahapan-tahapan:
a.
Bila
nama tersebut hanya satu-satunya, maka dapat dipastikan dia lah yang dimaksud
b.
Bila
terdapat dua nama atau lebih yang sama, maka dibedakan nasabnya terlebih dahulu
c.
Bila
nasabnya juga sama, maka dilihat kode maraji’nya
d.
Bila
ada kemungkinana yang sama, maka dilihat dari tahun wafatnya
e.
Bila
masih ada kemungkinan yang sama, maka dilihat rawa’an dan rawa’anhu.[7]
Untuk lebih jelasnya perhatikan
metode dua kitab rijal berikut ini guna memahami langkah-langkah di atas:
. 1.
Kitab Tahdzib al-Kamal fi Asma’al al-Rijal karya Abu
al-Mahasin Syams Al-Din Muhammad bin Ali Al Husaini Al Mizzi yang diterbitkan
Dar Al-Fikr, Beirut, 1994, edisi 22 jilid + 2 index (tersendiri).
Contoh no.
1:
١. د فق : احمد بن ابراهيم
بن خالد المصلى ابو على
روى عن : ............ محمد بن ثا بت العبدى ( د )،.........
روى عنه : ........... ابن أبى الد نيا ( فق )
قال ابن معين : ليس به بأس
توفى سنة خمس وثلا ثين ومأتين
.-.............. (ر : ٦ ٢ ٢)
١٩- م : احمد بن ............
٢٠ - م ٢ : احمد بن ............
Keterangan:
a. Nomor awal adalah
nomor urut nama.
b. Kode (د فق) adalah kode maraji’ (lihat
tabel).
c. Berikutnya adalah
nama lengkap.
d. (روى عن) menunjukkan nama-nama rawi
yang mengutip periwayatannya (para guru).
e. (روى عنه) menunjukkan nama-nama rawi
yang mengutip periwayatannya (para murid).
f. Diikuti
selanjutnya penialian ulama dan informasi tentang wafatnya.
g. Tanda(ر: ٢٢٦) maksudnya
rujuklah nama berikut ke nomor urut 226.
h. Terdapat nomor tertentu yang diikuti tanda (م م ٢) artinya
terdapat nama lain yang disisipkan mualif(pengarang) lain yang
tidak dicantum dalam kitab ini.
2. Kitab Tahdzib
al-Tahdzib karya Syihab al-Din Ahmad bin Ali bin Hajar al-‘Asqalani (w.852) yang diterbitkan
Dar al-Fikr, Beirut, 1988, edisi 12 jilid + 2 index (jilid 14-13).
Contoh :
١. د فق : (ابو داود وابن
ماجه فى التفسير)
احمد بن ابرا هيم بن خالد الموصلى ابو على
روى عن .......، محمد بن ثا بت العبدى .......روى عنه: .........
ابن أبى الدنيا ........ ما ت ٦ ٣ ٣ ......... قال ابن معين : ثقة صدوق
Hal-hal yang bersifat teknis dari dua kitab
ini antara lain:
a. Adanya nama yang
sama berikut nasab yang sama.
٦٠٦٨
:محمد بن على بن حمزة المروزى ابو على
٦٠٦٩
: محمد بن على بن حمزة بن الحسن ابو عبد الله العلوى
٦٠٧٠
: محمد بن على بن حمزة الأنصارى
٦٠٧١
: محمد بن على بن حمزة بن صالح ابو بكر الانطاكى
b. Nama yang disebut
dengan kunyah-nya , seperti:
ابو بكر
المدنى : عبد
الرحمن
ابن عمر : عبد الله بن عمر
أم الحكم : عاتكة بنت الزبير
c. Nama rawi yang
dikenal dengan laqab-nya, seperti:
الأعرج : عبد الرحمن بن
هر مز
الأعمش : سليمان بن مهرا
الأغطش : سعد بن عبدالله
بندار : محمد
بن بشر
d. Terdapat kode Maraji’ dalam Tahdzib
al-Kamal antara lain:
ع
: اتفق عليه الجما عة الستة
ع
: اتفق أصحاب السنن الاربعة
خ
: صحيح البخارى
م
: صحيح مسلم
د
: سنن أبى داود
ت
: الجامع التر مذى
س
: سنن النسائى
ق
: سنن ابن ما جه
فق
: كتاب التفسير لا بن ماجه[8]
C.
Praktek
Penelusuran dan Skema Rijal
حَدَّثَنَا أَبُوْبَكْرٍ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ،
حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنْ سُفْيَانَ ـ ح ـ وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةٌ.
كِلَاهُمَا عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ وَهذا حَدِيْثُ
أَبِى بَكْرٍ. قَالَ: أَوَّلُ مَنْ بَدَأَ بِالْخُطْبَةِ يَوْمَ الْعِيْدِ قَبْلَ
الْصَلَاةِ مَرْوَانُ. فَقَامَ إِلَيْهِ رَجُلٌ. فَقَالَ: اَلصَّلَاةُ قَبْلَ
الْخُطْبَةِ. فَقَالَ: قَدْ تُرِكَ مَا هُنَالِكَ. فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ: أَمَّا
هذا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ. سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص.م يَقُوْلُ: مَنْ رَاى
مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِيعْ
فَبِلِسَانِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِيعْ فَبِقَلْبِهِ، وَذالِكَ أَضْعَفُ
الإِيْمَان)اخرجه مسلم(
Gambar skema sanad Hadits Muraji’ Muslim:
Skema Rijalul Hadits Dari Hadits Amar Ma’ruf Nahi
Munkar
مراجع
|
قول النقاد
|
روى عنه
|
روى عن
|
ولد
|
توفى
|
كنية ولقب
|
نسب
|
اسم
|
نمر
|
د ٣ ٤٧٩-٤٨١
|
هنزله بن ابو سفيان،
الخاطب ثقه
|
طارق بن شهاب
|
نبي محمد ص.م
|
سعد بن مالك بن سنان بن
عبيد بن ثعلبه بن عبيد بن العبجر بن عوف بن الحرث الخجرج الانصار
|
ابو
سعيد الخذ ر ي
|
١
|
|||
ذ٣: ٢٨٢
|
العجلى : اسحاق بن منصور عن يحيي
بن معين وهو ثقة
|
اسما عيل بن ا بى خالد,وقيس بن مسلم,ومخا رق الا حمس, وعلقمة بن مر ثد, وسماك بن حرب, وجماعة
|
عن الخلفاء الاربعة, وبلال, وحذيفة, و خالد بن الوليد الوليد,وسعد, وابن مسعود
|
٨٢
٨٣
٨٤
|
ابو عبد الله الكو فى
|
بن عبد شمس بن هلا ل بن
سلمة بن عو ف بن جشم البجلى الا حمسى
|
طارق بن شها ب
|
٢
|
|
ذ٥:٣٧٤-٣٧٥
|
وقا ل النّسا ئى, وقا ل العجلى
صالح بن احمد عن ابيه : ثقه
|
الأ عمش, وشعبة, والثورى, و مسعر
|
طارق بن شهاب, والحسن ابن محمد بن
الحنفية, ومجاهد, وعبدالرحمن بن أبى ليلى
|
١٢٠
|
ابو عمر والكوفى
|
بن مسلم الجد لى
العدوانى
|
قيس بن مسلم
|
٣
|
|
ذ ١٦٤:٣-١٦٩
|
ابن سعد : كا ن العجلى,
ثقة
|
أيوب, والأعمش, وسعد بن ابرا هيم, ومحمد بن جعفر
|
ابان بن تغلب وقرة بن
خالد وقيس بن مسلم
|
٨٣
|
أبو بسطا م الو اسطى
|
بن الحجاج بن الورد
العتكى الأزدى
|
شعبة
|
٤
|
|
ذ٥:٥١٨-٥١٩
|
و قا ل ابن أ بى حا تم, و المستملى, و العجلى و هو ثقه
|
احمد بن حنبل, واسحاق بن راهويه, ويحيى بن معين, وعلى بن المدينى, وأبوموسى
|
شعبة, وعبدالله بن سعيد ابن
أبى هند, وعوف الأعرابى, ومعمر بن راشد
|
٢٣٦
٢٣١
|
ابو عبدالله البصرى
المعروف بغندر,
|
بن جعفر الهذ لي
|
محمد بن جعفر
|
٥
|
|
ذ٦ : ٣٠-٣١
|
عبدالله بن أحمد عن ابن
معين، الخطيب، مسلمه : ثقة
|
أبو زُرْعة, وأبو حاتم, ومحمد بن إسحاق بن
خزيمة, مسلم
|
معتمربن سليمان, عبد العزيز ابن عبد
الصمد العميو و غندر محمد بن جعفر
|
١٦٧
|
٢٥٢
٢٥١
٢٥٠
|
أبو مو سى البصرى
|
بن عبيد بن قيس بن
دينار العنزى
|
محمد بن المثنى
|
٦
|
ذ ٧: ٣٥٣- ٣٦٤
|
العجلىىى,
و ا بن سعد, و هو: ثقه
|
ابان بن تغلب ومات
قبله، وهارون بن المغيرة الرازي، و وكيع بن جراح
|
ابراهم بن عبد الاعلي،
و ابي هاشم القاسم بن كثير،وقيس بن مسلم
|
٩٧
|
١٦١
|
ابوعبدالله الكوفي
|
بن سعيد بن مسروق
الثوري
|
سفيان
|
٧
|
ذ٦: ٧٢٠ -٧٢٦
|
وكان ثقة: أبو
معاوية أعلم, و ابن سعد, والعجلى
|
عبد الرحمن بن مهدى, وأحمد, ويحيى, وإبنا أبى شيبة, وأبو خَيْثَمة
|
إسماعيل بن أبى خالد, والاعمش, وشعبة, والحميد بن جعفر
|
١٢٨
|
٢٠٤
٢٠٣
|
أبو سفيا ن الكو فى
الحا فظ
|
بن الجراح بن مليح الر
ؤاسى
|
وكيع
|
٨
|
ذ٣: ٦٣٦
-٦٣٧
|
العجلى : ثقة, وكان حافظا للحد يث
|
ومسلم, وأبو داود, وابن ماجه, وزكريا السا جى
|
أبى الأ حوص, وعبد الله بن ادريس, وابن المبارك,ووكيع
|
٢٣٥
|
عبدالله بن محمد بن أبى
شيبة
|
ابراهيم بن عثما ن بن
خوا ستى العبسى
|
أبو بكر بن أبي شيبة
|
٩
|
|
ابو عسي الترمذي، يحي بن
سعد، محمد بن محلد
|
محمد بن المثني
|
٢٠٦
|
٢٦١
|
أبو الحسين النّيسا بوريّ الحا فظ
|
الحجّاج بن مسلم القشيريّ
|
مسلم
|
١٠
|
IV.
KESIMPULAN
Jam’ur Ruwah (Jam’ur Ruwah) dapat diartikan
kumpulan atau himpunan orang yang meriwayatkan atau menceritakan apa-apa yang pernah didengar dan diterimanya
dari seorang (gurunya).
Rijal al-hadis adalah ilmu yang
membahas hal ikhwal dan sejarah para rawi dari kalangan sahabat, tabi’in dan
atba’ al-tabi’in.
Teknis dalam penelusuran rawi yang
ada dalam rangkaian sanad dengan langkah sebagai berikut:
1.
Memahami
terlebih dahulu antara nama, nasab, kunyah dan laqab
2.
Melihat
daftar index kitab
3.
Memahami
kode-kode maraji’ dan kode lainnya dalam kitab
4.
Memastikan
nama rawi yang dicari melalui tahapan-tahapan:
a.
Bila
nama tersebut hanya satu-satunya, maka dapat dipastikan dia lah yang dimaksud
b.
Bila
terdapat dua nama atau lebih yang sama, maka dibedakan nasabnya terlebih dahulu
c.
Bila
nasabnya juga sama, maka dilihat kode maraji’nya
d.
Bila
ada kemungkinana yang sama, maka dilihat dari tahun wafatnya
e.
Bila
masih ada kemungkinan yang sama, maka dilihat rawa’an dan rawa’anhu
V.
PENUTUP
Demikian makalah tentang Jam’ur Ruwah ini kami susun. Kami menyadari bahwa
dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Oleh karena
itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan supaya dalam menyusun
dan menyampaikan makalah selanjutnya semakin lebih baik. Semoga makalah ini
dapat menambah keilmuwan dan memberi manfaat bagi kita semua.
[1]
Suryadi, Metodologi Ilmu Rijalil Hadis, (Yogyakarta: Madani Pustaka
Hikmah, 2003), hlm 2.
[2]
Adib Bisri dan Munawwir, Kamus Al-Bisri , (Surabaya: Pustaka Progressif,
1999) , hlm. 83.
[4]M.Syuhudi
Ismail, Metodologi Penelitian Hadis Nabi, ( Jakarta: Bulan
Bintang, 1992),hlm.66.
[6]
M.Agus Sholahudin dan Agus Suyadi, Ulumul Hadis, (Bandung: Pustaka
Setia, 2008), hlm.111.
[7] A.
Hasan Asy’ari Ulama’i, Melacak Hadis Nabi SAW, (Semarang: Rasail,
2006),hlm.55.
No comments:
Post a Comment