Monday, November 21, 2016

JAM’UR RUWAH

Dipresentasikan dalam kuliah Nadq al-Hadis


I.                   PENDAHULUAN
Sebagai sumber Islam kedua, hadis berbeda dengan al-Qur’an yang semua ayatny diterima secara mutawatir. Sedang hadis sebagian periwayatannya berlangsung secara mutawatir dan sebagaian lagi ahad. Bahkan kodifikasi hadis yang resmi pun baru dirintis masa khalifah Umar bin Abdul Aziz (w. 110 H/720 M) melalui usaha keras ulama Muhammad bin Muslin bin Syihab az-Zuhri (w. 124 H/742 M). Oleh karenanya penelitian terhadap orisinalitas hadis memang sangat diperlukan agar validitasnya sebagai hadis Nabi dapat dipertanggungjawabkan.[1]
Pentingnya problem orisinalitas hadis ini memunculkan ilmu-ilmu untuk menelusuri hadits-hadits yang ada agar nantinya bisa digunakan sebagai hujjah. Dalam hal ini sanad dan matan lah yang harus dilacak lebih mendalam. Maka dalam makalah ini akan di bahas lebih lanjut mengenai Jam’ur Ruwah. Dan bagaimana penelusuran Rijal al-Hadits serta pembuatan skemanya.

II.                RUMUSAN MASALAH
A.    Apa Pengertian Jam’ur Ruwah dan?
B.     Bagaimana teknik penelusuran Rijal al-Hadits?
C.     Bagaimana penelusuran  skema dari Rijal al-Hadits?

III.             PEMBAHASAN
A.    Pengertian Jam’ur Ruwah dan Rijal al-Hadits
Jam’ur Ruwah terdiri dari dua kata, جمع (jam’un) dan  رواة (ruwah) . arti dari جمع sendiri adalah kumpulan (sesuatu)[2] dan رواة merupakan bentuk jama’ taksir dariراوى  (rowi) yang artinya orang yang meriwayatkan atau orang yang menceritakan. Jadi Jam’ur Ruwah (Jam’ur Ruwah) dapat diartikan kumpulan atau himpunan orang yang meriwayatkan atau menceritakan apa-apa yang pernah didengar dan diterimanya dari seorang (gurunya).[3]
Ulama hadis sependapat bahwa ada dua hal yang harus diteliti pada diri pribadi periwayat hadis untuk dapat diketahui apakah riwayat hadis yang dikemukakannya dapat diterima sebagai hujjah ataukah harus ditolak, Kedua hal itu adalah keadilan dan ke-dhabitannya. Keadilan berhubungan dengan kualitas pribadi, sedang ke-dhabitannya berhubungan dengan kapasitas intelektual. Apabila kedua hal itu dimiliki oleh periwayat hadis, maka periwayat tersebut dinyatakan sebagai bersifat tsiqah. Istilah tsiqah merupakan gabungan dari sifat adil dan dhabit. [4]
Untuk para sahabat terutama yang meriwayatkan hadis, sebagai generasi yang langsung “meneguk air jernih” wahyu kenabian, tidak berlebihan bila juga di jamin segi kualitas pribadi atau integritas moralnya. Tidak mengherankan jika generasi sahabat ( terutama sahabat yang meriwayatkan hadis) di dalam studi hadis, termasuk yang dinilai adil, yakni mumpuni kualitas pribadinya sehingga dibebaskan dari perlunya penilaian aspek moral yang meragukan periwayatannya seperti lazim dilakukan bagi gene[5]rasi yang sesudahnya.

B.     Teknik Penelususran Rijal al-Hadits
Rijal al-hadis adalah ilmu yang membahas hal ikhwal dan sejarah para rawi dari kalangan sahabat, tabi’in dan atba’ al-tabi’in.

علم يبحث فيه عن روات الحديث من الصحابة والتا بعين ومن بعدهم                                        
“Ilmu yang membahas para perawi hadis, baik dari kalangan sahabat, tabiin, maupun dari generasi-generasi sesudahnya”[6]

Contoh praktis dan teknis dalam penelusuran rawi yang ada dalam rangkaian sanad dengan langkah sebagai berikut:
1.      Memahami terlebih dahulu antara nama, nasab, kunyah dan laqab
2.      Melihat daftar index kitab
3.      Memahami kode-kode maraji’ dan kode lainnya dalam kitab
4.      Memastikan nama rawi yang dicari melalui tahapan-tahapan:
a.       Bila nama tersebut hanya satu-satunya, maka dapat dipastikan dia lah yang dimaksud
b.      Bila terdapat dua nama atau lebih yang sama, maka dibedakan nasabnya terlebih dahulu
c.       Bila nasabnya juga sama, maka dilihat kode maraji’nya
d.      Bila ada kemungkinana yang sama, maka dilihat dari tahun wafatnya
e.       Bila masih ada kemungkinan yang sama, maka dilihat rawa’an dan rawa’anhu.[7]
Untuk lebih jelasnya perhatikan metode dua kitab rijal berikut ini guna memahami langkah-langkah di atas:
.                            1.  Kitab Tahdzib al-Kamal fi Asma’al al-Rijal karya Abu al-Mahasin Syams Al-Din Muhammad bin Ali Al Husaini Al Mizzi yang diterbitkan Dar Al-Fikr, Beirut, 1994, edisi 22 jilid + 2 index (tersendiri).
Contoh no. 1:                               
١.  د فق       : احمد بن ابراهيم بن خالد المصلى ابو على
روى عن : ............ محمد بن ثا بت العبدى ( د )،.........
روى عنه : ........... ابن أبى الد نيا ( فق )
قال ابن معين : ليس به بأس
توفى سنة خمس وثلا ثين ومأتين
.-.............. (ر : ٦ ٢ ٢)
١٩- م          : احمد بن ............
٢٠ - م ٢      : احمد بن ............
                        Keterangan:
a.    Nomor awal adalah nomor urut nama.
b.    Kode (د فق) adalah kode maraji’ (lihat tabel).
c.    Berikutnya adalah nama lengkap.
d.   (روى عن) menunjukkan nama-nama rawi yang mengutip periwayatannya (para guru).
e.    (روى عنه) menunjukkan nama-nama rawi yang mengutip periwayatannya (para murid).
f.     Diikuti selanjutnya penialian ulama dan informasi tentang wafatnya.
g.    Tanda(ر: ٢٢٦) maksudnya rujuklah nama berikut ke nomor urut 226.
h.    Terdapat nomor tertentu yang diikuti tanda (م م ٢)  artinya terdapat nama lain yang disisipkan mualif(pengarang) lain yang tidak dicantum dalam kitab ini.

2.  Kitab Tahdzib al-Tahdzib karySyihab al-Din Ahmad bin Ali bin   Hajar al-‘Asqalani (w.852) yang diterbitkan Dar al-Fikr, Beirut, 1988, edisi 12 jilid + 2 index (jilid 14-13).
Contoh :
١.  د فق       : (ابو داود وابن ماجه فى التفسير)
احمد بن ابرا هيم بن خالد الموصلى ابو على
روى عن .......، محمد بن ثا بت العبدى .......روى عنه: .........
ابن أبى الدنيا ........ ما ت ٦ ٣ ٣ ......... قال ابن معين : ثقة صدوق          

Hal-hal yang bersifat teknis dari dua kitab ini antara lain:
a.    Adanya nama yang sama berikut nasab yang sama.
٦٠٦٨         :محمد بن على بن حمزة المروزى ابو على
٦٠٦٩         : محمد بن على بن حمزة بن الحسن ابو عبد الله العلوى
٦٠٧٠         : محمد بن على بن حمزة الأنصارى
٦٠٧١         : محمد بن على بن حمزة بن صالح ابو بكر الانطاكى
b.    Nama yang disebut dengan kunyah-nya , seperti:
ابو بكر المدنى            : عبد الرحمن
ابن عمر       : عبد الله بن عمر
أم الحكم        : عاتكة بنت الزبير
c.    Nama rawi yang dikenal dengan laqab-nya, seperti:
الأعرج         : عبد الرحمن بن هر مز                       
الأعمش        : سليمان بن مهرا
الأغطش       : سعد بن عبدالله
بندار           : محمد بن بشر
d.   Terdapat kode Maraji’ dalam Tahdzib al-Kamal antara lain:
ع               : اتفق عليه الجما عة الستة
ع               : اتفق  أصحاب السنن الاربعة
خ               : صحيح البخارى
م                : صحيح مسلم
د                : سنن أبى داود
ت              : الجامع التر مذى
س              : سنن النسائى
ق               : سنن ابن ما جه
فق              : كتاب التفسير لا بن ماجه[8]


C.  Praktek Penelusuran dan Skema Rijal

حَدَّثَنَا أَبُوْبَكْرٍ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنْ سُفْيَانَ ـ ح ـ وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةٌ. كِلَاهُمَا عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ وَهذا حَدِيْثُ أَبِى بَكْرٍ. قَالَ: أَوَّلُ مَنْ بَدَأَ بِالْخُطْبَةِ يَوْمَ الْعِيْدِ قَبْلَ الْصَلَاةِ مَرْوَانُ. فَقَامَ إِلَيْهِ رَجُلٌ. فَقَالَ: اَلصَّلَاةُ قَبْلَ الْخُطْبَةِ. فَقَالَ: قَدْ تُرِكَ مَا هُنَالِكَ. فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ: أَمَّا هذا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ. سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص.م يَقُوْلُ: مَنْ رَاى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِيعْ فَبِلِسَانِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِيعْ فَبِقَلْبِهِ، وَذالِكَ أَضْعَفُ الإِيْمَان)اخرجه مسلم(

Gambar skema sanad Hadits Muraji’ Muslim:



                                                                                                                                                                Skema Rijalul Hadits Dari Hadits Amar Ma’ruf Nahi Munkar

مراجع
قول النقاد
روى عنه
روى عن
ولد
توفى
كنية ولقب
نسب
اسم
نمر
د ٣ ٤٧٩-٤٨١
هنزله بن ابو سفيان، الخاطب ثقه
طارق بن شهاب
نبي محمد ص.م

٦٣/٦٤/٦٥

سعد بن مالك بن سنان بن عبيد بن ثعلبه بن عبيد بن العبجر بن عوف بن الحرث الخجرج الانصار
 ابو سعيد     الخذ ر ي
١
ذ٣: ٢٨٢
العجلى : اسحاق بن منصور  عن يحيي بن معين وهو ثقة
اسما عيل بن ا بى خالد,وقيس بن مسلم,ومخا رق الا حمس, وعلقمة بن مر ثد, وسماك بن حربوجماعة                  
عن الخلفاء الاربعة, وبلال, وحذيفة, و خالد بن الوليد الوليد,وسعد, وابن مسعود
٨٢
٨٣
٨٤
ابو عبد الله الكو فى
بن عبد شمس بن هلا ل بن سلمة بن عو ف بن جشم البجلى الا حمسى
طارق بن شها ب
٢
ذ٥:٣٧٤-٣٧٥
وقا ل النّسا ئى, وقا ل العجلى
 صالح بن احمد عن ابيه : ثقه
الأ عمشوشعبة, والثورى, و مسعر
طارق بن شهاب, والحسن ابن محمد بن الحنفية, ومجاهد, وعبدالرحمن بن أبى ليلى

١٢٠
ابو عمر والكوفى
بن مسلم الجد لى العدوانى
قيس بن مسلم
٣
ذ ١٦٤:٣-١٦٩
ابن سعد : كا ن العجلى,
 ثقة     
أيوب, والأعمش, وسعد بن ابرا هيمومحمد بن جعفر
ابان بن تغلب وقرة بن خالد وقيس بن مسلم
٨٣
١٦٠
أبو بسطا م الو اسطى
بن الحجاج بن الورد العتكى الأزدى
شعبة
٤
ذ٥:٥١٨-٥١٩
و قا ل ابن أ بى حا تم,  و المستملى, و العجلى و هو ثقه
احمد بن حنبل, واسحاق بن راهويه, ويحيى بن معين, وعلى بن المدينىوأبوموسى
شعبة, وعبدالله بن سعيد ابن أبى هند, وعوف الأعرابى, ومعمر بن راشد

٢٣٦
٢٣١
ابو عبدالله البصرى المعروف بغندر,
بن جعفر الهذ لي
محمد بن جعفر
٥
ذ٦٣٠-٣١

عبدالله بن أحمد عن ابن معين، الخطيب، مسلمه : ثقة
أبو زُرْعة, وأبو حاتم, ومحمد بن إسحاق بن خزيمة, مسلم
معتمربن سليمان, عبد العزيز ابن عبد الصمد العميو و غندر محمد بن جعفر
١٦٧
٢٥٢
٢٥١
٢٥٠
أبو مو سى البصرى
بن عبيد بن قيس بن دينار العنزى
محمد بن المثنى
٦
ذ ٧: ٣٥٣- ٣٦٤
 العجلىىى, و ا بن سعد, و هو: ثقه
ابان بن تغلب ومات قبله، وهارون بن المغيرة الرازي، و وكيع بن جراح
ابراهم بن عبد الاعلي، و ابي هاشم القاسم بن كثير،وقيس بن مسلم
٩٧
١٦١
ابوعبدالله الكوفي
بن سعيد بن مسروق الثوري
سفيان
٧
ذ٦٧٢٠ -٧٢٦
وكان ثقة: أبو معاوية     أعلم, و ابن سعد,        والعجلى
عبد الرحمن بن مهدى, وأحمد, ويحيىوإبنا أبى شيبة, وأبو خَيْثَمة
إسماعيل بن أبى خالد, والاعمشوشعبة, والحميد بن جعفر
١٢٨
٢٠٤
٢٠٣
أبو سفيا ن الكو فى الحا فظ
بن الجراح بن مليح الر ؤاسى
وكيع
٨
ذ٣٦٣٦ -٦٣٧
العجلى : ثقة, وكان حافظا للحد يث
ومسلم, وأبو داود, وابن ماجه, وزكريا السا جى
أبى الأ حوص, وعبد الله بن ادريس, وابن المبارك,ووكيع

٢٣٥
عبدالله بن محمد بن أبى شيبة
ابراهيم بن عثما ن بن خوا ستى العبسى
أبو بكر بن أبي شيبة
٩

ابو عسي الترمذي، يحي بن سعد، محمد بن محلد
محمد بن المثني
٢٠٦
٢٦١
أبو الحسين     النّيسا بوريّ  الحا فظ
 الحجّاج بن مسلم القشيريّ
مسلم
١٠



IV.             KESIMPULAN
Jam’ur Ruwah (Jam’ur Ruwah) dapat diartikan kumpulan atau himpunan orang yang meriwayatkan atau menceritakan apa-apa yang pernah didengar dan diterimanya dari seorang (gurunya).
Rijal al-hadis adalah ilmu yang membahas hal ikhwal dan sejarah para rawi dari kalangan sahabat, tabi’in dan atba’ al-tabi’in.
Teknis dalam penelusuran rawi yang ada dalam rangkaian sanad dengan langkah sebagai berikut:
1.      Memahami terlebih dahulu antara nama, nasab, kunyah dan laqab
2.      Melihat daftar index kitab
3.      Memahami kode-kode maraji’ dan kode lainnya dalam kitab
4.      Memastikan nama rawi yang dicari melalui tahapan-tahapan:
a.    Bila nama tersebut hanya satu-satunya, maka dapat dipastikan dia lah yang dimaksud
b.   Bila terdapat dua nama atau lebih yang sama, maka dibedakan nasabnya terlebih dahulu
c.    Bila nasabnya juga sama, maka dilihat kode maraji’nya
d.   Bila ada kemungkinana yang sama, maka dilihat dari tahun wafatnya
e.    Bila masih ada kemungkinan yang sama, maka dilihat rawa’an dan rawa’anhu

V.                PENUTUP
Demikian makalah tentang Jam’ur Ruwah ini kami susun. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan supaya dalam menyusun dan menyampaikan makalah selanjutnya semakin lebih baik. Semoga makalah ini dapat menambah keilmuwan dan memberi manfaat bagi kita semua.





[1] Suryadi, Metodologi Ilmu Rijalil Hadis, (Yogyakarta: Madani Pustaka Hikmah, 2003), hlm 2.
[2] Adib Bisri dan Munawwir, Kamus Al-Bisri , (Surabaya: Pustaka Progressif, 1999) , hlm. 83.
[3] Ahmad Husain, Kajian Hadits Metode Takhrij, ( Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 1993 ), hlm. 90-91
[4]M.Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadis Nabi, ( Jakarta: Bulan Bintang, 1992),hlm.66.
[5] M. Erfan Soebahar, Menguak Fakta Keabsahan Al-Sunnah, ( Bogor: Kencana,2003),hlm. 223.
[6] M.Agus Sholahudin dan Agus Suyadi, Ulumul Hadis, (Bandung: Pustaka Setia, 2008), hlm.111.
[7] A. Hasan Asy’ari Ulama’i, Melacak Hadis Nabi SAW, (Semarang: Rasail, 2006),hlm.55.
[8] A. Hasan Asy’ari Ulama’i, Melacak Hadis,…,hlm.56-58

No comments:

Post a Comment