Monday, October 9, 2017

CONTOH LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (Bab I)

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Praktik Kerja Industri
Praktik kerja industri ( Prakerin ) merupakan bagian dari progam pembelajaran yang wajib dilaksanakan oleh siswa di dunia kerja, sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK yaitu Pendidikan Sistem Ganda ( PSG ). Progam Prakerin merupakan kerja sama antara sekolah dengan dunia kerja sebagai pemgembangan progam pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ).
Dengan diadakannya Prakerin, peserta didik dapat menguasai sepenuhnya aspek - aspek kompetensi kurikulum dan mengenal lebih awal dunia kerja yang akan menjadi dunianya setelah menamatkan pendidikan.
Pelaksanaan Prakerin adalah sebagai pemenuhan kompetensi sesuai tututan kurikulum yang dilaksanakan di dunia kerja. Dengan maksud agar siswa dapat mengimplementasikan kompetensi / pembelajaran, latihan dan praktek yang sudah dipelajari disekolah ke dalam dunia kerja secara nyata, serta penumbuhan etos kerja atau pengalaman kerja yang berguna bagi siswa.
                                                                                               
B.       Tujuan Praktek Kerja Industri
Dalam melakukan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN), didalamnya  memiliki berbagai macam tujuan antara lain :
  1. Dapat menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian dengan Profesional yaitu tenaga kerja yang memiliki kemampuan baik dibidang pengetahuan maupun keterampilan kerja. Serta mendorong siswa untuk berjiwa swasta dan mandiri.
  2. Untuk mendapat wawasan dan pengalaman sebagai bahan perbandingan antara teori yang di dapat disekolah dengan di tempat praktek kerja yang sesungguhnya.
  3. Mendapatkan pengalaman dan membandingkan ilmu teori yang didapat di sekolah dengan langsung turun ke dalam dunia usaha.
  4. Diharapkan siswa dapat menjadi tenaga kerja yang berwawasan mutu, ekonomi, bisnis kewirausahaan dan produktif. Serta dapat menyerap perkembangan teknologi dan budaya kerja untuk kepentingan pengembangan diri.
  5. Meningkatkan pelajaran yang efisien dalam proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang terdidik dan berkualitas didalam perusahaan.

C.      Tujuan Penulisan Laporan
Adapun tujuan dalam pembuatan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) antara lain:

  1. Penulisan laporan ini dimaksud untuk mengkaji ulang dari suatu bukti, melakukan kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dalam keahlian yang dilakukan selama pelatihan.
  2. Secara terkonsep laporan ini mencakup laporan seluruh aspek kegiatan praktik sebagai salah satu bentuk latihan, dalam menghadapi Uji Kompetensi pada akhir Proses Pembelajaran Hasil yang dicapai.
  3. Serta sebagai bahan masukan untuk melakukan revisi agar pelaksanaan proses belajar mengajar agar lebih efektif dan lebih baik. Serta sebagai salah satu bentuk latihan, dalam menghadapi Uji Kompetensi pada akhir Proses Pembelajaran untuk mendapatkan hasil maksimal akan yang dicapai.

No comments:

Post a Comment