Sunday, August 27, 2017

Cara Mengatasi Stres

Apakah kamu pernah mengalami stres? Seberapa seringkah kamu stres? Saya kira setiap orang pernah atau bahkan sering mengalami stres. Ya, banyaknya tuntutan hidup yang melibihi kemampuan diri dan keinginan yang terlampau tinggi seringkali membuat kita merodi otak dan tenaga. Sehingga yang terjadi adalah timbulnya ketegangan fisik dan mental. Inilah yang disebut dengan istilah “stres”, yaitu bentuk ketegangan fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang.



Stres bisa menyebabkan perasaan negatif atau yang berlawanan dengan apa yang diinginkan. Karena itu, stres bisa menggangu cara seseorang dalam menyerap realitas, menyelesaikan masalah, berpikir secara umum dan hubungan seseorang, serta rasa memiliki. Seseorang yang sedang stres bisanya akan mengalami tekanan darah tinggi, seriawan, jadi mudah jengkel, sulit membuat keputusan yang bersifat rutin, kehilangan selera makan, rentan terhadap kecelakaan, dan sebagainya. Lantas, bagaimana solusinya?

search google

Berikut adalah cara-cara mengatasi stres yang dilansir  www.alodokter.com:

Langkah pertama mengatasi stres adalah dengan mengetahui apa yang menyebabkan stres, dalam hal ini kamu sendiri yang mengetahuinya. Setelah itu, tuliskan apa saja pemicu stres tersebut sehingga kamu tidak perlu lagi bersentuhan dengan hal itu.

Langkah kedua adalah melakukan hal-hal yang dapat memberikan relaksasi untuk tubuh dan pikiran kamu, seperti:

1.    Mengeluarkan semua unek-unek
Memendam perasaan, terutama perasaan yang kamu benci dan mengganggu bisa membuat stres. Lebih baik utarakan semuanya agar kamu bisa melepas beban. Utarakan semua yang ada di benak kepada orang yang bersangkutan, orang terdekat, atau psikolog. Percayalah, setelah mengeluarkan semua unek-unek itu, perasaan Kamu pasti jauh lebih baik.

2.    Olahraga
Selain membuat tubuh sehat, olahraga juga bisa meredakan stres. Cara yang sederhana dapat berupa jalan-jalan atau bersepeda mengitari komplek rumah sendiri. kamu juga bisa mencoba olahraga seperti yoga yang juga mengajarkan cara bermeditasi. Meditasi bisa membantu Kamu menenangkan pikiran.

3.    Lakukan hal yang berkaitan dengan hobi 
Coba pikirkan apa saja kegiatan yang disukai. Apakah belanja, jalan-jalan di mal, karaoke, nonton film, berkebun, memasak, atau pergi ke taman bermain? Kamu bisa melakukan apa saja yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, namun kegiatan itu harus positif.

4.    Jalani hidup pada masa sekarang
Kamu tidak perlu berkutat pada kehidupan masa lalu, terutama jika hal itu membuat kamu sedih. Hiduplah di masa sekarang. Lupakan pula ekspektasi negatif mengenai kehidupan di masa depan. Biarlah hidup mengalir apa adanya. Percayalah, jika kamu menjalani masa sekarang dengan bahagia dan positif, maka itu akan berdampak pula kepada kehidupan masa depan.

5.    Jaga diri
Tidur yang cukup dan senantiasa mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hindari merokok, minuman keras, dan obat-obatan terlarang.

Seperti itulah kiat-kiat mengatasi stres. Kamu bisa mencobanya sendiri. Jika sudah dicoba namun belum ada efeknya, mungkin masih ada yang salah dengan kondisi rohanimu. Bisa jadi kamu belum bisa berdamai dengan kenyataan, kurang mensyukuri apa yang ada. Belajar bersyukur dan menerima kenyataan adalah terapi yang efektif untuk mengatasi stres hidup.

Baca Juga: Aplikasi Lokal yang Mendunia


Kamu masih ingat lagunya bang Rhoma Irama yang berjudul stres? Kira-kira seperti ini liriknya:
Stress (stress)
Kerap melkamu manusia
Tak peduli miskin ataupun kaya
Banyak orang yang stress
Stress (stress)
Seakan tengah mewabah
Tak peduli tua ataupun muda
Banyak orang yang stress
Pertumbuhan penduduk semakin padat
Dan persaingan hidup semakin ketat
Dan kemajuan jaman semakin pesat
Akhirnya kebutuhan semakin meningkat
Bukan hanya persoalan kehidupan
Bukan hanya persoalan keuangan
Terlalu sibuk kerja bisa bikin stress
Nganggur terlalu lama juga bikin stress
Kekasih main gila, bisa, bisa stress
Kenakalan remaja bisa bikin stress
Lapangkan dada benahi masalah kepada Tuhan
Panjatkan doa, tawakkallah dan sabarlah
Stress (stress)
Obatnya iman dan taqwa
Serta mensyukuri apa adanya
Pasti tak akan stress

Sudah jelas kan? Stres itu permasalahan yang kompleks. Bukan hanya persoalan kehidupan dan keuangan. Sibuk stres, nganggur stres, kekasih main gila juga stres, bahkan kenakalan remaja bisa menyebabkan stres. Kita hanya perlu melapangkan dada, tawakal dan bersabar. Kemudian mengobatinya dengan iman dan taqwa, serta bersyukur apa adanya. 

No comments:

Post a Comment