Thursday, August 31, 2017

Wikitribune, Situs Berita Tangkal Hoax

Berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah hoax merupakan informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Kira-kira begitu definisi hoax menurut Wikipedia. Dalam kamus inggris disebut something intended to deceive; deliberate trickery intended to gain an advantag  (sesuatu yang dimaksudkan untuk menipu; tipuan yang disengaja dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan).


Dilansir dari laman KompasTekno, berita hoax terpampang di Wikipedia selama 10 tahun. Editor Wikipedia menemukan artikel hoax yang sudah 10 tahun bertengger di layanan ensiklopedi online tersebut. Temuan itu sekaligus mencatat rekor baru dalam sejarah Wikipedia.

wikipedia

Melihat perkembangan berita hoax di internet yang semakin sulit untuk dibendung, Wikipedia sebagai salah satu enslikopedi online terbesar ikut dalam menangkal berita-berita hoax tersebut. Yaitu dengan meluncurkan Wikitribune, sebuah portal berita berbasis komunitas.
Semacam perpaduan antara portal berita Tradisional dan Wikipedia, ensiklopedi online yang bisa diedit siapa saja. Wartawan profesional akan bekerja sama dengan relawan komunitas untuk menulis dan mengedit konten berita di layanan ini.


(Dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment