Peserta didik yang dapat belajar baik jika
menggunakan indra penglihatan
Meraka yang
belajar dengan gaya tersebut dikenal dengan istilah pelajar visual. Gaya belajar yang merupakan kombinasi antara
menyerap, mengatur, dan mengolah informasi belajar dengan cara melihat.
Seseorang yang memiliki gaya belajar visual biasanya dapat mengembangkan
auditorial dan kinestetis dengan berbicara mengenai berbagai hal serta
melakukannya dengan gerak tubuh. Misalnya, setelah menghadiri suatu seminar,
seseorang kemudian menceritakan hasil seminar kepada seseorang secara rinci
dengan menggunakan tangan dan tubuh untuk menekankan hal-hal maupun informasi
yang penting.
Doc.google.com |
Peserta didik yang dapat belajar dengan baik melalui
indra pendengaran
Peserta didik
yang satu ini disebut dengan pelajar
auditorial. Gaya belajar yang mengombinasikan kemampuan menyerap, mengatur,
dan mengolah informasi belajar dengan cara mendengar. Pengertian tentang tipe
auditorial ini memiliki dua makna, yaitu seseorang dengan gaya pemahaman primer
melalui pendengaran dan seseorang dengan kemampuan membayangkan atau
menggambarkan sesuatu, yang sebagian besar ada pada modalitas pendengaran.
Peserta didik yang dapat menangkap pelajaran dengan
baik jika menggunakan gerakan atau sentuhan
Gaya belajar
peserta didik yang terakhir ini dikenal dengan pelajar kinestetis. Gaya
belajar ini merupakan kombinasi antara menyerap, mengatur, atau mengolah
informasi belajar dengan cara bergerak, bekerja, dan menyentuh. Misalnya, saat
melakukan suatu aktivitas, pasti disertai gerakan dan interaksi dengan
kelompok. Untuk berbicara dengan orang yang memiliki gaya belajar kinestetis,
sebaiknya menggunakan suara keras, mengatur, atau mengubah-ubah nada untuk
menekan bagian-bagian penting dan dengan irama.
No comments:
Post a Comment