Thursday, August 31, 2017

Aplikasi Lokal yang Mendunia

Soal teknologi terkadang orang Indonesia masih dipandang sebelah mata. Apalagi minimnya apresiasi dari negeri sendiri. Dilansir dari laman Detikinet, aplikasi Pesan Kita atau yang disingkat PS adalah salah satu aplikasi layanan pesan instan lokal yang tingkat keamananya tidak kalah dengan Telegram. Sayangnya aplikasi ini seperti tenggelam di negeri sendiri, masyarakat populer lebih memilih WhatsApp, Line, Telegram, WeChat, hingga Google Talk untuk berkomunikasi.


Namun, masih ada beberapa aplikasi lokal yang kepopuleranya sampai mendunia. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut ulasannya sebagaimana di lansir dari laman TeknoLiputan6.com:

1.    Go-Jek
Siapa sih yang ga kenal aplikasi Go Jek, aplikasi ride-sharing ini memang baru tersedia di Indonesia, tapi kepopuleranya berhasil menyedot perhatian media asing. Berdasarkan data pembaruan aplikasi pada akhir Juni 2017, jumlah unduhan Go-Jek berkisar antara 10 sampai 50 juta. Chief Executive Officer (CEO) Go-Jek, Nadiem Makarim, mengutip data dari App Annie, menyebutkan jumlah pengguna aktif mingguan Go-Jek berkisar 10 jutaan. Go-Jek saat ini tersedia untuk pengguna perangkat Android dan iOS.
Sumber: http://www.cosmogirl.co.id/gallery/photo/bc47cbd86ef128757d0baf3f54c1fa50.jpg

2.    Pic Mix
Aplikasi lokal yang mendunia kali ini besutan Inovidea Magna Global. Bagi kalian yang hobi mengedit foto sangat cocok dengan aplikasi PicMix. Banyak para pengguna yang tidak tahu bahwa aplikasi PicMix ini ternyata buatan pengembang Indonesia.

Sama halnya aplikasi pengeditan dan berbagi foto lainnya, PicMix juga memiliki berbagai fitur, seperti Photo Editors, Photo Collage, dan Cure Stickers. Selain itu, pengguna juga bisa membagikan foto mereka yang sudah diedit ke jejaring sosial. seperti Facebook dan Instagram.

Saat ini jumlah unduhan aplikasi PicMix sudah mencapai antara 10 sampai 50 juta di Google Play Store. PicMix merupakan aplikasi gratis dengan opsi “In-App-Product” dengan harga mulai dari Rp.30.000 sampai Rp.19.900.

Kesuksesan PicMix tidak hanya populer di Indonesia saja melainkan di luar negeri pun populer digunakan. Berdasarkan hasil data dari App Store, PicMix telah diunduh oleh 30 juta pengguna di seluruh dunia
Sumber: https://lh3.googleusercontent.com/hNlIsMfQzxLD5m1KMiO1cvIEoxZHaSgDpgVwxjh1vAwdpzIEXijxEfnIx7l-T0h5rQ=w300

3.    Ramen Chain
Aplikasi lokal yang mendunia kali ini ada Ramen Cahin, yang merupakan gim mobile besutan pengembang lokal, Touchten Games. Perusahaan gim ini didirikan pada 2009 oleh Anton Soeharyo, Roki Soeharyo, dan Dede Indrapurna.

Aplikasi ini pernah menduduki peringkat satu kategori Free App di Singapura, Indonesia, dan Filipina. Pernah juga di peringkat tiga Free App di Taiwan, Hong Kong, Malaysia, dan Thailand. Saat ini Ramen Chain sudah tersedia di App Store dan Google Play Store. Jumlah unduhan Ramen Chain di Google Play Store berkisar antara satu juta hingga lima juta.
 
Sumber: https://cdn.techinasia.com/wp-content/uploads/2013/08/Ramen-Chain-2.jpg

Demikian tiga aplikasi lokal yang populer mendunia, kita musti berbangga karena ada beberapa aplikasi buatan anak bangsa yang melejit diluar sana.

(Dari berbagi sumber)

No comments:

Post a Comment