Wednesday, December 27, 2017

Peranan Sekolah dan Keluarga dalam Mengembangkan Kreativitas Anak usia dini

Peranan Keluarga dalam Mengembangkan Kreativitas Anak usia dini
Lingkungan keluarga yang baik, sekurang-kurangnya mempunyai tiga ciri, yaitu: Pertama,
keluarga memberikan suasana emosional yang baik bagi anak-anaknya, seperti perasaan senang, aman, disayangi, dan dilindungi. Kedua, mengetahui dasar-dasar kependidikan, terutama berkenaan dengan kewajiban dan tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak serta tujuan dari isi pendidikan yang diberikan kepadanya. Ketiga, bekerjasama dengan pusat pendidikan tempat orang tua mengamanatkan pendidikan anaknya. Dalam hal ini, orang tua dapat melakukan hal-hal berikut:

Bermain Sebagai Metode Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan pada Pendidikan Anak usia dini

Semua guru tentu bisa mengajar, namun tidak semua guru bisa dan mampu mengajar TK atau PAUD. Mengajar PAUD berarti mengajar anak yang sedang ada di masa usia keemasannya (golden age). Sebuah masa dimana potensi anak sedang berkembang dan saat yang tepat untuk membuatnya menjadi seorang pembelajar yang mandiri dan haus pengetahuan. Karenanya, butuh metode pembelajaran yang tepat dan efektif serta menyenangkan. Lantas, metode apa sih yang efektif dan menyenangkan?

Bermain

Sunday, December 24, 2017

DEFINITION AND LAW OF ZAKAT

A.    DEFINITION OF ZAKAT
Zakat by language means growing, growing, sanctifying and praising. While the meaning of zakat in the perspective of the terminology of Islam is to issue a number of parts that have been determined according to the syara of the property specified and submitted to certain groups in a certain way. Zakat according to some scholars, namely:

Penerapan Strategi Pembelajaran yang Berpusat Pada Anak usia dini

Anak pada hakikatnya memiliki potensi untuk aktif dan berkembang. Pembelajaran yang berpusat pada anak banyak diwarnai paham konstruktivis yang dimotori Piaget dan Vigotsky. Anak adalah pembangun aktif pengetahuannya sendiri. Mereka membangun pengetahuannya ketika berinteraksi dengan objek, benda, lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Yang melandasi pembelajaran yang berpusat pada anak adalah pendekatan perkembangan dan pendekatan belajar aktif.

Hakikat Pendidikan dan Pembelajaran di PAUD

Pengertian Pendidikan dan Komponen-komponen Pendidikan
Dalam arti luas pendidikan adalah segala bentuk pengalaman belajar yang berlangsung dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk mengembangkan kemampuan seoptimal mungkin sejak lahir sampai akhir hayat. Dalam arti sempit, pendidikan identik dengan persekolahan di mana pendidikan dilakukan dalam bentuk kegiatan pembelajaran yang terprogram dan terencana secara formal.

PEMIKIRAN POLITIK ISLAM AL-MAUDUDI

Dipresentasikan dalam kuliah Sejarah Peradaban Islam


BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
            Salah seorang pemikir Islam modern, Al-Maududi muncul dengan gagasan-gagasan yang sangat besar andilnya bagi perkembangan masyarakat Islam. Beliau terkenal dengan ide-ide dan pemikran-pemikiranny tentang kenegaraan. Disaat orang-orang Islam bingung untuk mencari pemecahan persoalan “bagaimanakah bentuk negara Islam sebenarnya?”. Disaat itu ia tampil dengan meletakkan dasar-dasar negara dan bentuk negara yang ideal menurut Al-Qur’an dan Sunnah. Negara haruslah berideologi tauhid, atas kedaulatan Tuhan dan system yang universal. Kemudian disaat orang-orang berselisih paham dalam mentransformasi hasil perkembangan modern didunia barat, sebagian mengagung-agungkan demokrasi barat dan menunjukkan bahwa demokrasi seperti itulah yang cocok menurut Islam, sementara yang lain memandang memandang bahwa teokrasi di eropa adalah cerminan Islam. Didalam kebingungan-kebingungan tersebut, al-Maududi menawarkan system negara Islam dengan istilah yang baru yakni teodemokrasi dan teokrasi Islam serta konsep-konsepnya yang cukup lengkap tentang negara.