Sunday, September 17, 2017

4 Manfaat Mendonor Darah


Kamu rajin mendonor darah? Atau mungkin takut mendonor darah? Tahukah kamu jika mendonor darah membawa efek positif bagi tubuh. Jadi jangan ragu lagi ya untuk mendonor darah, selagi ada kesempatan. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari mendonor darah sebagaimana dikutip dari majalah Time:

Sumber: http://harianriau.co/assets/berita/original/56886544777-darah.jpg

Hidup lebih lama
Sebuah studi di Health Psychology menemukan bahwa orang yang mendonorkan darahnya secara signifikan mengurangi resiko kematian hingga empat tahun kemudian. Harus selalu diingat bahwa menurut palang merah menyumbangkan darah bisa menyelamatkan nyawa hingga tiga orang.  Jadi selain sebagai bentuk kebaikan untuk orang lain, donor darah juga membuat kamu hidup lebih lama lo.

Darah mengalir lebih baik
Menurut Phillip DeChristopher, direktur bank darah Loyola University Health System, “Jika darah memiliki viskositas tinggi atau hambatan untuk mengalir, ia akan mengalir seperti tetes tebu ke seluruh tubuh."

Baca Juga:

Obat PCC Mengandung Carisoprodol

Menyumbang darah secara kontinu dapat membantu aliran darah menjadi lebih baik. Donor darah dapat merusak lapisan pembuluh darah yang menyebabkan penyumbatan sehingga penyumbatan arteri menjadi lebih sedikit. Berdasarkan hal itu, American Journal of Epidemiology mengatakan kemungkinan 88% orang yang mendonor darah peluangnya lebih kecil untuk terkena serangan jantung.

Mendapatkan check-up mini
Sebelum menjalani donor darah, terlebih dahulu kamu harus diperiksa suhu, denyut nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Dengan pengecekan itu secara tidak langsung kamu mendapatkan informasi mengenai kesehatan.

Selain itu, saat darah yang kamu sumbangkan sudah terkumpul, darah kamu terlebih dahulu dicek apakah mengandung virus tertentu, pengecekan terhadap darah dapat memberitahu penyakit apa yang mungkin kamu derita. Apabila darah kamu tidak ditolak, kamu bisa tenang karena berarti tubuh kamu sehat.

 Zat besi seimbang
Orang dewasa umunya memiliki 5 gram zat besi di dalam tubuh. Kebanyakan zat besi berada di sel darah merah dan sumsung tulang. Saat menyumbangkan satu kantong darah, kamu kehilangan sekitar seperempat gram zat besi yang bisa diisi ulang dari makanan yang diasup setelah menyumbang darah. Hal itu bagus karena kebanyakan zat besi tidak baik untuk pembuluh darah.


(Sumber: okezone.com)

No comments:

Post a Comment