Saturday, September 2, 2017

Ternyata Telinga Berdenging Bukan Tanda Kamu “Digosipin”

Pernahkah kamu mengalami telinga yang tiba-tiba berdenging? Pastinya pernah dong, iya kan? Atau bahkan sering?

Mungkin sebagian masyarakat masih percaya bahwa telinga yang berdenging adalah tanda kita sedang digosipin oleh orang lain, cara Jawa-nya “ono sing ngrasani”. Iya kan? Ternyata anggapan itu tidaklah benar.


Dilansir dari laman Kompas.com, sejumlah peneliti dari University Illinois menerangkan bahwa dengingan di telinga atau tinnitus erat kaitannya dengan perubahan jaringan tertentu pada otak kita. Dengan memakai Magnetic Resonance Imaging (MRI), para peneliti mencari pola pada fungsi dan struktur otak. Ternyata, tinnitus terjadi di wilayah otak yang disebut dengan precuneus.

Sumber: http://telingaberdenging.com/wp-content/uploads/2013/02/telinga-berdenging.jpg
Terdapat dua jaringan yang terhubung dengan precuneus dan memiliki fungsi berlawanan, yaitu jaringan atensi dorsal yang aktif saat ada sesuatu yang menarik perhatian seseorang dan jaringan mode standar yang merupakan fungsi “latar belakang” otak saat beristirahat dan tidak memikirkan sesuatu secara khusus.

Menurut Sara Schmidt, salah satu peneliti, “Ketika jaringan mode standar aktif, jaringan atensi dorsal tidak aktif, dan sebaliknya. Kami menemukan bahwa precuneus pada pasien tinnitus tampaknya berperan dalam hubungan tersebut.”

“Ini juga menyiratkan bahwa pasien tinnitus tidak benar-benar istirahat, bahkan saat beristirahat. Ini bisa menjelaskan mengapa banyak laporan (pasien) yang merasa semakin kelelahan,” demikian kata pemimpin studi Fatima Husain, seorang profesor ilmu kemampuan berbicara dan pendengaran di University of Illinois.

Sekarang sudah tahu kan kenapa telinga kita tiba-tiba berdenging? Bukan karena kita sedang digosipin lho ya, ini terjadi karena ada dua jaringan yang memiliki fungsi berlawanan terhubung dengan precuneus. Jaringan atensi dorsal yang aktif saat ada sesuatu yang menarik perhatian seseorang dan jaringan mode standar yang merupakan fungsi “latar belakang” otak saat beristirahat dan tidak memikirkan sesuatu secara khusus.

Lantas, precuneus itu apa kak?

Menurut kamus Wiktionary, precuneus itu sebuah divisi dari permukaan medial dari lobus parietal dari otak besar. Precuneus ditemukan di bagian tengah parietal lobe otak manusia, tepatnya di bagian atas agak kebelakang kepala manusia. Bagian ini berkaitan pula dengan memori episodik, refleksi diri dan beberapa akses akan kesadaran.


Sudah paham kah? Semoga bermanfaat ya...


Baca Juga: Aplikasi Lokal yang Mendunia

No comments:

Post a Comment